Minggu, 01 Mei 2011

MataKuliah Grafika Komputer "Algoritma Bresenham"

Untuk menentukan jumlah pixel yang membuat suatu garis menggunakan algoritma bresenham adalah sebagai berikut :
1. Masukan 2 endpoints, simpan endpoints kiri sebagai (x0, y0) dan kanan (x1,y1)
2. Hitung konstanta Δx, Δy, 2Δy, 2Dx,2Δy–2Δx dan nilai awal parameter keputusan
p0= 2Δy –Δx
3. Pada setiap xk di garis, dimulai dari k=0, ujilah :
Jika pk 0 maka plot (xk+1, yk+1) dan pk= pk+ 2Δy -2Δx
4.Ulangi tahap 4 sampai mencapai x,y yang di tuju.
Contoh :
Hitunglah posisi piksel hingga membentuk sebuah garis yang menghubungkan titik (4,1) dan (14,8) !
1. Menentukan endpoints (x0,y0)= (4,1) dan (x1,y1)=(14,8)
2. Hitung kostanta :
Dx = x1-x0 Dx= 14-4=10
Dy= y1-y0 Dy= 8-1=7
2Dx= 2.10=20
2Dy= 2.7=14
2Dy-2Dx= 14-20= -6
pk=p0= 2Dy-Dx pk=p0= 14-10=4
3. jadi nilai keputusan awal= 4, karena pk=4 maka kita gunakan pk>0 maka
plot (xk+1,yk+1) = (4+1,1+1) = (5,2) adalah plot yang terbentuk pada K=0.
dan kita hitung nilai keputusan untuk plot selanjutnya. Dengan rumus
pk= pk+ 2Δy -2Δx pk=4+(-6)=-2 adalah nilai keputusan yang ke 2. karena
pk=-2 kita gunakan rumus pk<0 maka plot (xk+1,yk) = (5+1,2) = (6,2)
plot yang terbentuk pada K=1. Ulangi cara tersebut hingga mencapai end point (x1,y1). Untuk mempermudah buatlah table seperti di bawah ini :
tabel :



Agar lebih mudah melihat hasil dari perhitungan diatas, mari kita lihat Gambar dibawah ini :

1 komentar: